ABOUT AUTHOR

banner image

Selamat Datang Di Website Gustack Bali

Wisata Bali - Danau Bratan Bedugul , menikmati indahnya Pura Ulun Danu

Om Swastiastu,
Dalam artikel kali ini saya ingin membahas tentang Wisata Bali Danau Bratan. Danau Bratan/Beratan yang terletak di Bedugul adalah danau terbesar kedua setelah danau Batur di Bali, Danau Beratan adalah sumber air yang sangat penting di daerah Bali sebagai sumber air utama dari irigasi yang ada di daerah Bali bagian tengah. Luas danau Bratan kurang lebih 375,6 hektar yang mempunyai kedalaman kurang lebih 22-48 m dan luas keliling sekitar 12 km.

Keunikan dari Danau Beratan Bedugul adalah keberadaan pura yang bernama Pura Ulun Danu. Pura Ulun Danu terletak di pinggir Danau Beratan Bedugul dan merupakan salah satu daya tarik utama Danau Beratan Bedugul. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati permainan air dan menyewa perahu di Danau Beratan Bedugul.


Daya tarik utama danau Bratan terletak pada:

  1. Pemandangan Pura yang berada di tengah danau. Nama puranya, Pura Ulun Danu Bratan.
  2. Udara sejuk daerah pegunungan. Karena danau Bratan berlokasi pada ketinggian sekitar 1.239 meter di atas permukaan air laut.
  3. Didalam areal kawasan danau Bratan terdapat pemandangan warna-warni bunga, pepohonan cemara yang rindang dan hijaunya rerumputan.
  4. Terdapat rusa dan kijang.
  5. Tersedia fasilitas parkir yang memadai, toilet, dan taman bermain untuk anak-anak.


Pura Ulun Danu


Pura Ulun Danu Bratan terletak di ujung danau Beratan, pura Ulun Danu dibangun pada awal abad ke-17 dan dijadikan sebagai pura Subak (sistem irigasi di Bali).
Jika pembaca pernah memperhatikan gambar lembaran mata uang Rp 50.000, terdapat gambar pura Danu Beratan.
Pura Ulun Danau Beratan, bangunan puranya sangat mencirikan khas Bali. Yaitu bangunan pura yang memiliki atap bertingkat, menara dengan atap 11 tingkat, 7 tingkat, dan 3 tingkat. Menara tersebut menyimbulkan kepercayaan umat Hindu di Bali, terhadap tiga dewa, yakni:

  • Dewa Wisnu (11 tingkat).
  • Dewa Brahma (7 tingkat)
  • Dewa Siwa (3 tingkat).

Aktivitas favorit wisatawan saat liburan ke danau Beratan Bedugul adalah foto dengan latar belakang pura tengah danau. Karena saking banyaknya wisatawan yang ingin memiliki foto dengan latar belakang pura, pembaca akan kesulitan untuk mengambil foto tanpa ada orang di samping pembaca. Cara menyiastinya adalah datang lebih pagi.
Selain mengambil foto, banyak wisatawan menyewa perahu speed boat menggunakan motor untuk mengelilingi danau, agar dapat menikmati pemandangan danau dari jarak dekat. Danau Beratan memiliki kedalaman air hingga 23 meter.


Selain menyewa boat atau sampan, anda yang hobi memancing juga bisa memancing di danau beratan. Jika anda lupa membawa pancing pun, disana akan ada banyak jasa penyewaan pancing sekaligus umpannya. Waah asyik bukan, ikan-ikan disini juga sangat banyak dan beragam jadi anda tidak akan menyesal berkunjung di danau beratan ini.

Sekian isi artikel ini saya sampaikan, semoga artikel ini menambah wawasan berwisata kalian.
Om Shanti Shanti Shanti Om.



 

Wisata Bali - Danau Bratan Bedugul , menikmati indahnya Pura Ulun Danu Wisata Bali - Danau Bratan Bedugul , menikmati indahnya Pura Ulun Danu Reviewed by Admin Inocent Cheat on Agustus 30, 2016 Rating: 5

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.